Dear Pecinta Kopi, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat dan Menyehatkan

Ilustrasi kopi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:45 WIB

Sariagri - Bagi kebanyakan orang, meminum kopi di pagi hari merupakan sebuah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Tidak hanya pagi, kopi bahkan kerap diminum ketika sore hari atau kapan pun di waktu senggang.

Pada dasarnya, kopi memang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Meski begitu harus digarisbawahi, kadar atau jumlah kopi yang dikonsumsi juga harus dibatasi. Hal ini dikarenakan konsumsi kopi dalam batas yang berlebihan bisa merusak organ tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui bagaimana cara minum kopi yang menyehatkan untuk tubuh.

Melansir sejumlah sumber, berikut ini cara minum kopi yang sehat:

1. Waktu konsumsi kopi

Cara minum kopi yang sehat adalah tidak meminumnya di atas pukul 14.00. Penelitian Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan minum kopi di atas jam 14.00 dapat mengganggu waktu tidur di malam hari.

Untuk mengakalinya, gantilah kopi dengan teh. Atau, gantilah kopi dengan kopi tanpa kafein supaya jam tidur malam Sobat Agri tidak terganggu.

2. Hindari penggunaan gula

Cara minum kopi yang tepat dan menyehatkan yaitu dengan menghindari penggunaan gula. Hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan kebiasaan masyarakat pada umumnya, dimana orang-orang banyak yang menikmati kopi dengan campuran gula, susu kental manis atau pemanis lainnya supaya tidak terlalu pahit.

Namun, jika ingin tetap menggunakan pemanis, sebaiknya gunakan pemanis yang lebih ramah terhadap tubuh seperti gula kelapa, madu atau stevia. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: Dear Pecinta Kopi, Begini Cara Minum Kopi yang Tepat dan Menyehatkan
Benarkah Minum 2 Gelas Kopi Setiap Hari Bantu Kurangi Risiko Gagal Ginjal?

3. Gunakan penyaring

Menggunakan penyaring kertas merupakan cara minum kopi yang sehat. Dengan menyaringnya, kandungan cafestol dalam kopi bisa berkurang. Cafestol merupakan senyawa yang membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi.

4. Menambahkan bubuk kayu manis

Minum kopi dengan bubuk kayu manis adalah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan. Kayu manis terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua. Taburan kayu manis pada kopi dapat mengontrol gula darah.

Video Terkait