GERD Sedang Kambuh? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini

Ilustrasi susu oat. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Kamis, 18 Agustus 2022 | 04:00 WIB

Sariagri - Gastroesophageal reflux disease atau yang lebih dikenal dengan singkatan GERD merupakan penyakit asam lambung yang bisa terjadi pada semua orang dari berbagai usia.

GERD disebabkan karena katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah sudah melemah. Jika sudah tidak berfungsi dengan baik, maka makanan dan minuman yang masuk ke lambung, akan kembali naik ke kerongkongan.

Namun, pada pasien GERD, katup di kerongkongan tersebut tidak tertutup dengan baik. Akibatnya, isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan. Jika ini terus terjadi, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi dan peradangan.

Nah, sebenarnya, ketika GERD sedang kambuh, ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan asam lambung. Yuk, simak contoh makanan penurun asam lambung berikut ini!

1. Susu Rendah Lemak

Susu juga merupakan makanan penurun asam lambung. Akan tetapi, pilihlah susu rendah lemak. Pasalnya, susu dengan kandungan lemak yang tinggi biasanya bersumber dari hewan, justru bisa memicu asam lambung naik. Kamu dapat mengonsumsi susu rendah lemak, seperti susu kedelai, almond, kacang mede, macadamia, atau oat.

2. Oatmeal

Selain kaya akan serat, oatmeal merupakan makanan yang berperan untuk menurunkan asam lambung. Oleh sebab itu, oatmeal aman dikonsumsi oleh pasien GERD untuk sarapan sehari-hari.

3. Lemon dan Madu

Air perasan lemon bersifat asam dan bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung. Akan tetapi, air lemon dalam jumlah sedikit yang dicampur air hangat dan madu justru dapat menurunkan asam lambung. Hal ini karena campuran tersebut bersifat basa, sehingga bisa menetralkan asam lambung.

Selain itu, madu memiliki sifat antioksidan dan anti radang sehingga mampu mengurangi peradangan di kerongkongan yang muncul akibat naiknya asam lambung

4. Pisang

Beberapa buah non-sitrus baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena bisa menjadi buah penurun asam lambung. Sebagai contoh, pisang. Salah satu serat larut yang terkandung di dalam pisang, yakni pektin dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan. Kondisi ini dapat mencegah kenaikan asam lambung mengingat menumpuknya makanan di usus bisa jadi menambah kadar asam lambung.

5. Lidah buaya

Tidak hanya bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan, lidah buaya juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya terbukti bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung karena komponen anti-inflamasinya.

Baca Juga: GERD Sedang Kambuh? Coba Konsumsi 6 Makanan Ini
Intip 4 Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan

6. Yoghurt

Penderita asam lambung selama ini mungkin lebih memilih menghindari konsumsi yogurt karena memiliki rasa asam yang dikhawatirkan akan memperburuk keadaan. Namun, yoghurt justru memiliki efek yang baik untuk penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Kandungan bakteri asam laktat di dalamnya justru dapat menenangkan lambung, sehingga bisa memberi efek nyaman pada penderita asam lambung. Namun, dalam mengonsumsi yogurt jelas harus sesuai kebutuhan.

Video Terkait