4 Sajian Buah Semangka yang Lezat dan Pas Dikonsumsi Saat Cuaca Panas

Ilustrasi sajian dengan semangka. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Semangka merupakan buah yang menyegarkan ketika disantap di tengah cuaca panas. Diketahui kandungan air dalam semangka mencapai 92 persen. Itulah kenapa tubuh terasa segar ketika menyantapnya. Bahkan, salah satu manfaat mengonsumsi buah merah ini adalah untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, semangka juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah berair ini mengandung senyawa likopen dan cucurbitacin E yang memiliki efek antikanker.

Bahkan, berkat kandungan likopen di dalamnya, buah ini diyakini bermanfaat sekali karena bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang menjadi pemicu penyakit jantung.

Melansir Oh My Veggies, ada beberapa sajian yang bisa dilakukan dengan bahan dasar semangka:

1. Salad semangka

Semangka bisa dikreasikan menjadi sajian salad. Bahannya menggunakan semangka tentunya, kemangi dan buah zaitun kalamata. Potonglah semangka menjadi bentuk dadu dengan daun kemangi dan beberapa buah zaitun kalamata yang dibelah dua.

2. Semangka dengan jeruk nipis

Semangka juga bisa dikreasikan dengan perasan jeruk nipis dan taburan daun mint. Caranya, peraslah air jeruk nipis di atas irisan semangka dan taburi dengan daun mint cincang kasar dan sedikit garam laut.

3. Semangka dan ketumbar

Semangka bisa dikreasikan dengan ketumbar. Caranya, cincang ketumbar dan biji jalapeno lalu aduk semangka yang sudah dipotong dadu. Jangan lupa tambahkan sedikit minyak zaitun extra virgin. Taburi sedikit garam.

Baca Juga: 4 Sajian Buah Semangka yang Lezat dan Pas Dikonsumsi Saat Cuaca Panas
Wajib Tahu! Ini Lho Perbedaan Antara Semangka Kuning dan Merah

4. Semangka dan jahe

Semangka yang kurang matang bisa dikreasikan dengan jahe. Caranya campurkan gula, air dan sepotong jahe 2 inci yang telah diiris-iris dalam panci kecil. Didihkan dengan api sedang-tinggi lalu kecilkan ke rendah. Didihkan selama 10 menit lalu angkat.

Setelah itu, diamkan larutan tersebut hingga memiliki suhu ruang. Saringlah ke cangkir-cangkir yang siap untuk dihidangkan.

Video Terkait