Sorgum, Tanaman Pangan yang Diprediksi Akan Menggantikan Nasi di Masa Depan

Ilustrasi sorgum (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 8 Agustus 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman hayati. Keberagaman sumber pangan tersebut membuat Indonesia menempati posisi kedua tertinggi di dunia setelah Brasil. Berdasarkan data terbaru dari Bahan Ketahanan Pangan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, salah satunya yang sedang naik daun, yaitu sorgum.

Bagi masyarakat Jawa, tanaman ini juga dikenal dengan nama cantel. Petani di Indonesia, sering menanam cantel sebagai tanaman sela atau tumpang sari dengan tanaman lainnya.

Apa itu sorgum?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sorgum adalah tanaman yang termasuk dalam suku graminae. Secara fisik, cantel memiliki ciri-ciri yaitu bentuk pohon yang menyerupai pohon jagung.

Tinggi batangnya berkisar 6 meter, dengan perbungaan berupa malai, buahnya berupa butiran bulat atau hampir bulat, dan ukurannya lebih kecil daripada biji jagung.

Diketahui tanaman ini berasal dari dataran Afrika. Masyarakat sana menjadikan tanaman ini sebagai makanan pokok termasuk di wilayah Asia Selatan. Umumnya cantel banyak ditemukan di daerah Afrika, sebab tanaman ini bisa tumbuh di daerah kering dan minim unsur hara.

Bahkan, tanaman ini bisa bertahan di tanah dengan kandungan garam tinggi termasuk di pinggir pantai. Hal ini dikarenakan tanaman ini sangat toleransi terhadap daerah kering. Karakteristik ini tidak lain karena peran dari endodermis akarnya memiliki endapan silica, yang berfungsi mencegah kerusakan akar pada kondisi kekeringan.

Selain itu, akar sorgum dapat digunakan sebagai penyerapan air, sebab didukung oleh sistem perakaran sorgum yang halus dan letaknya agak dalam. Tak heran mengapa tanaman serealia ini dapat tumbuh di berbagai keadaan lingkungan dan sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya pada lahan marginal beriklim kering di Indonesia.

Keunggulan sorgum terletak pada daya adaptasinya yang luas, toleran terhadap kekeringan, produktivitas tinggi, dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit dibandingkan dengan tanaman pangan lainnya.

Kandungan dan manfaat sorgum

Sebagai bahan pangan, cantel bisa diolah menjadi sereal, bubur, tepung, roti, kue, dan sirup. Namun sayang, minat akan makanan pokok ini tampaknya masih kurang diminati.

Padahal tanaman ini merupakan jenis tanaman serealia potensial yang perlu dikembangkan untuk menunjang program ketahanan pangan dan agribisnis.

Menurut Dr Mamoudou H Dicko dan kawan-kawan dari Food Enzymology and Biotechnology, Universitas Ouaga, Burkina Faso, Afrika Barat, dalam penelitian berjudul “Phenolic Compounds and Related Enzymes as Determinants of Sorghum for Food Use” tahun 2006 juga menyatakan, tanaman ini termasuk tanaman serealia yang kaya akan nutrisi, seperti protein, niasin, thiamin, vitamin B6, mangan, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Bahkan data dari Departemen Kesehatan RI mencatat bahwa kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1 dari tanaman ini lebih tinggi dibanding beras. Tak heran mengapa cantel ini digadang-gadang akan menjadi makanan pokok di masa depan.

Kandungan dari cantel juga diyakini sangat baik dikonsumsi penyandang diabetes lantaran kandungan gulanya yang rendah. Selain itu tanaman ini juga tinggi serat dan memiliki kandungan berupa tambahan nutrisi yang tidak terdapat pada sumber karbohidrat biasa.

Oleh karena itu, beberapa orang memilih cantel sebagai makanan pokok untuk diet, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Selain sebagai sumber pangan, tanaman serbaguna ini juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bahan pakan ternak

Sebagai pakan ternak, batang dan daun cantel bisa menjadi santapan sehat bagi hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disebutkan bahwa kandungan protein di batang cantel bisa meningkatkan bobot sapi pedaging hingga 0,9-1,6 kilogram per hari atau meningkatkan produksi susu sebanyak 10-15 persen. Sedangkan biji-bijinya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ayam dan burung puyuh.

Baca Juga: Sorgum, Tanaman Pangan yang Diprediksi Akan Menggantikan Nasi di Masa Depan
Mengenal Daun Talas yang Ternyata Banyak Manfaat Kesehatan Jika Dikonsumsi

2. Sumber energi

Sebagai energi, batang dari beberapa jenis cantel dapat diolah menjadi etanol. Batang ini diketahui mampu menghasilkan nira yang kemudian diolah menjadi gula atau sirup. Kemudian, nira ini akan difermentasi dan mengalami proses distilasi sehingga menjadi etanol 95 persen.

3. Bahan baku industri

Selain itu, tanaman bernama latin Sorghum bicolor ini bisa difungsikan sebagai bahan baku industri kertas dan papan partikel meja atau dinding. Sebagai pupuk, semua bagian cantel diketahui bisa digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Video Terkait