Tidak Hanya Gula Putih, Ini 5 Jenis Pemanis yang Baik untuk Tubuh

Ilustrasi pengganti gula putih. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Ketika ingin minum minuman yang manis, umumnya kita akan menambahkan gula putih. Namun beberapa tahun ke belakang, tidak sedikit orang-orang yang mulai menghindarinya karena dianggap tidak sehat.

Meski begitu, sebenarnya ada juga loh bahan-bahan yang bisa digunakan untuk memaniskan minuman. Melansir Oh My Veggies, ada beberapa pengganti gula putih yang dianggap lebih menyehatkan, namun tetap memberi rasa manis yang nikmat.

Jenis pemanis yang menjadi pengganti gula putih

1. Gula merah

Gula merah bisa menjadi pengganti gula putih. Biasanya gula merah ini terbuat dari gula putih yang telah ditambahkan beberapa tetes tebu ke dalamnya. Namun gula merah ini memiliki tambahan nutrisi berupa vitamin dan mineral.

2. Gula kelapa

Gula kelapa atau dikenal dengan nama palm sugar, juga bisa dijadikan sebagai pengganti gula putih. Diproduksi dari getah pohon kelapa, gula kelapa memberikan kalori yang kira-kira sama dengan gula tebu biasa. Namun, gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula lainnya.

Artinya, kadar gula darah cenderung akan tetap lebih stabil saat mengonsumsi makanan panggang yang dimaniskan dengan gula kelapa dibandingkan dengan gula pasir.

3. Sirup maple

Sirup maple juga bisa menjadi pengganti gula putih. Sirup ini berasal dari getah pohon maple. Ketika pohon disadap, getah bening akan keluar. Getah tersebut kemudian direbus dan diuapkan untuk menghasilkan sirup maple dengan warna khas sirup maple dan kadar gula sekitar 60%.

Sirup maple kaya akan mineral antioksidan seperti mangan dan seng, yang dapat berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Madu

Madu adalah salah satu pemanis paling kuno yang kita kenal. Madu sendiri telah digunakan selama ribuan tahun sebagai makanan, obat-obatan, dan bahan bakar atletik. Madu dikenal memiliki sifat antijamur dan antioksidan, sehingga pemanis ini tidak memerlukan pengawet atau aditif lainnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Gula Putih, Ini 5 Jenis Pemanis yang Baik untuk Tubuh
Jokowi Perintahkan Jajarannya Perkuat Pemenuhan Gula Nasional

5. Stevia

Stevia adalah tanaman asli Amerika Selatan. Tanaman ini telah digunakan secara tradisional sejak abad ke-16. Daun dari tanaman ini dilumatkan dan digunakan untuk mempermanis teh dan obat-obatan.

Pemanis stevia yang kita kenal saat ini, merupakan senyawa rasa manis yang disebut glikosida steviol yang diekstraksi dari daun stevia. Daun ini diyakini 200 kali lebih manis daripada gula meja dengan berat yang sama. Stevia dianggap lebih sehat karena mengandung nol kalori.

Video Terkait