Gantikan Taiwan, Negara Ini Siap Ekspor Produk Makanan ke Cina

Ilustrasi supermarket. (pixabay/ElasticComputeFarm)

Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 07:30 WIB

Meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan membuat Cina mengeluarkan larangan impor terhadap lebih dari 2.000 makanan asal Taiwan.

Thailand berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan mengeskpor makanan ke Cina. Menteri Perdagangan Thailand, Jurin Laksanawisit, mengatakan atase perdagangan Thailand di Beijing telah diinstruksikan untuk mengumpulkan daftar produk yang dapat diekspor ke Cina.

Kami menemukan permintaan dalam produk makanan dan minuman, termasuk mie instan, ikan beku, makanan ringan, buah-buahan dan berbagai minuman, kata Jurin, seperti dikutip The Star.

Sanksi Ekonomi Cina ke Taiwan

Cina memberlakukan sanksi ekonomi kepada Taiwan, yang dianggapnya sebagai bagian dari wilayahnya, setelah Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi melakukan kunjungan tingkat tinggi ke pulau itu pada hari Rabu (3/8) lalu.

Beijing pun melarang lebih dari 100 eksportir makanan Taiwan untuk mengirimkan produk pangan ke Cina. Produk yang dilarang mulai dari produk segar hingga makanan bayi, kembang gula, dan kue kering.

Baca Juga: Gantikan Taiwan, Negara Ini Siap Ekspor Produk Makanan ke Cina
Keren! Tempe Indonesia Bakal Eksis di Pasar Jepang karena Sehat dan Bergizi

Jurin mengatakan bahwa impor dan ekspor Thailand tidak terpengaruh oleh ketegangan antara Cina dan Taiwan.

Dia menambahkan, Departemen Promosi Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Thailand akan mengadakan acara pencocokan bisnis online untuk eksportir Thailand dan importir Cina pada tanggal 24-25 Agustus. Sekitar 150 eksportir Thailand dan sekitar 200 importir dari Cina dan Hong Kong telah sepakat untuk ambil bagian.

Jurin menyebut acara itu akan membantu meningkatkan ekspor Thailand. Dalam enam bulan pertama tahun ini, ekspor Thailand mencapai 5 triliun baht atau sekitar Rp2.090 triliun. Angka itu meningkat 12,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Video Terkait