Manfaat Tak Terduga Air Beras untuk Memperindah Rambut

Ilustrasi Air Beras (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Dahulu air beras dimanfaatkan sebagai pengganti ASI. Namun saat ini, air beras menjadi populer di kalangan beauty vlogger untuk mendapatkan rambut panjang dan halus.

Penggunaan air beras sebagai perawatan rambut sudah lama dilakukan oleh wanita Jepang pada periode Heian. Konon, wanita istana menyisir rambut sepanjang lantai mereka setiap hari menggunakan air yang tersisa dari mencuci beras atau disebut Yu-Su-Ru.

Dilansir laman Realsimple, meski terlihat keruh, air beras sebenarnya penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino yang menawarkan manfaat topikal untuk rambut dan kulit kepala.

“Asam amino dalam air beras memperkuat akar rambut dan membantu regenerasi rambut dan membantu pertumbuhan lebih cepat secara keseluruhan,” kata penata rambut Jennifer Korab.

Selain itu, air beras mengandung vitamin B, C, dan E, yang semuanya membantu pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut ini memang akan memakan waktu cukup lama, tapi ada manfaat lain yang dapat kamu nikmati sementara itu. Air beras juga mengandung pati dan protein yang melapisi rambut dan membuatnya terlihat lebih tebal dan berkilau.

“Seiring waktu, dengan penggunaan yang konsisten bisa memperkuat kutikula, melembutkan helai rambut, dan bahkan meminimalkan munculnya ujung bercabang,” kata dokter kulit Yoram Harth.

Cara terbaik melakukan perawatan air beras ialah dengan membilas rambut setelah keramas. Pastikan air beras terbasuh ke seluruh rambut dan pijat kulit kepala agar kandungan vitamin meresap ke akar rambut.

Baca Juga: Manfaat Tak Terduga Air Beras untuk Memperindah Rambut
Tidak Hanya buat Kulit, Air Beras juga Bagus untuk Rambut Loh!

Ingatlah bahwa air beras tidak menggantikan kondisioner, zat ini sangat terkonsentrasi dalam pati, sehingga bisa membuat rambut menjadi kering. Penggunaan yang benar adalah dengan menjadikan air beras sebagai masker rambut sebelum keramas, biarkan 20 menit, lalu bilas saat mandi.

Sementara untuk membuat air beras yang benar, berikut caranya: 

  1. Ambil 2 cangkir beras dan tambahkan 4 cangkir air ke dalamnya. (Perbandingan beras dan air 1:2.)
  2. Tuang semuanya ke dalam botol, tutup rapat, biarkan di tempat gelap pada suhu kamar selama delapan hingga 16 jam. Saat berasnya terendam, air akan semakin menjadi putih berkabut.
  3. Setelah beras terendam, ambil wadah kosong (disarankan botol semprot) dan saring air beras ke dalam wadah.
  4. Jika kamu memiliki sisa air beras setelah dibilas, kamu bisa memasukkannya ke dalam lemari es untuk mengawetkannya.

Video Terkait