Roti Gandum Vs Roti Tawar, Lebih Sehat Mana?

Ilustrasi roti gandum. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Sariagri - Roti gandum dan roti tawar memang sama-sama kerap dijadikan sebagai menu sarapan. Tampilan kedua roti ini juga memiliki warna yang berbeda. Jika biasanya roti tawar akan berwarna putih bersih, roti gandum justru berwarna kecoeklatan.

Lalu, Apa perbedaan kedua roti tersebut? Melansir sejumlah sumber, roti tawar dan gandum sama-sama terbuat dari gandum. Namun perbedaannya terletak pada proses pembuatannya.

Roti gandum dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung yang belum dimurnikan lapisan luarnya. Artinya, roti gandum masih mengandung tiga biji-bijian yaitu dedak atau kulit, bagian lembaga atau germ dan endosperma.

Sedangkan roti tawar, biji gandum sudah mengalami pemurnian atau dikenal dengan gandum putih yakni hanya menggunakan bagian endosperma.

Mana yang lebih sehat, roti gandum atau roti tawar?

Kandungan serat dalam roti gandum diketahui lebih banyak dibandingkan roti tawar putih. Hal tersebut dikarenakan bagian dedak dan benih yang dipertahankan mengandung serat tidak larut, lemak baik, vitamin B, antioksidan, fitokimia, dan mineral penting lainnya.

Baca Juga: Roti Gandum Vs Roti Tawar, Lebih Sehat Mana?
Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Ini Rekomendasi Pola Makan Sehat

Serat yang terkandung dalam roti gandum dapat memperlambat penyerapan makronutrien, terutama karbohidrat yang terkandung di bagian pati biji gandum, sehingga kadar gula darah tetap terjaga.

Selain itu, roti gandum juga memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan roti tawar putih. Mengonsomsi gandum juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan, serta dapat menurunkan beberapa hormon yang jumlahnya tinggi pada orang obesitas seperti leptin, insulin, and c-peptida.

 

Video Terkait