Ilmuwan Prank Warganet dengan Menyebut Foto Sosis Adalah Dunia Baru

Foto potongan sosis yang disebut ilmuwan sebagai dunia baru. (Foto: Twiiter/etienneklein)

Editor: Putri - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Bola merah dengan bercahaya bersinar serta latar belakang hitam menghebohkan jagat maya. Ilmuwan Prancis terkemuka Etienne Klein menyatakan, itu adalah gambar terbaru yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb dari Proxima Centauri.

Pengguna Twitter mengagumi detail gambar yang konon diambil menggunakan teleskop. Gambar tersebut dianggap menggetarkan dunia, menunjukkan luasnya alam semesta.

"Tingkat detail ini... Dunia baru terungkap setiap hari," katanya.

Namun kenyataannya, seperti yang kemudian diungkapkan oleh Klein, gambar itu bukanlah bintang berjarak empat tahun cahaya dari Matahari. Namun gambar itu hanyalah potongan sosis chorizo ??Spanyol.

"Menurut kosmologi kontemporer, tidak ada objek milik charcuterie Spanyol yang ada di mana pun kecuali di Bumi," katanya.

Klein mengakui bahwa banyak pengguna tidak memahami leluconnya. Ia berujar bahwa sikapnya tersebut bertujuan untuk mendorong kita "untuk waspada terhadap argumen dari orang-orang di posisi otoritas serta kefasihan gambar tertentu."

Baca Juga: Ilmuwan Prank Warganet dengan Menyebut Foto Sosis Adalah Dunia Baru
Alasan Gadis Kecil Ini Jualan Donat Sungguh Menyayat Hati Warganet

Memerangi berita palsu memang sangat penting bagi komunitas ilmiah. Namun terindikasi bahwa warganet Twitter tidak suka dengan sikap Klein, kata direktur penelitian di Komisi Energi Atom (CEA) Prancis. Klein pun meminta maaf.

"Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya kepada mereka yang mungkin terkejut dengan lelucon saya, yang tidak orisinal," katanya, menggambarkan unggahan itu sebagai "lelucon ilmuwan."

Video Terkait