Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Kamu Keracunan Makanan

Ilustrasi susu. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 8 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Keracunan makanan terjadi karena makanan yang dikonsumsi telah terkontaminasi atau bisa jadi makanan tersebut tidak matang dan sudah tercemar kuman. Beberapa contoh kuman tersebut adalah Campylobacter, E. coli, norovirus, Salmonella dan Vibrio.

Keracunan makanan kerap disertai dengan beberapa gejala seperti mual, muntah dan diare. Beberapa gejala lainnya adalah kram perut dan sakit kepala.

Dikutip Medical News Today, keracunan akan menyebabkan iritasi perut dan usus. Banyak orang lebih memilih makanan yang tidak menyebabkan sakit perut atau merangsang perut pada kondisi lainnya agar tak membuat perut semakin parah.

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari saat keracunan makanan. 

1. Minuman yang keras untuk lambung

Saat hendak minum sesuatu, kamu juga perlu mempertimbangkan minuman yang tidak terlalu keras untuk lambungmu. Setelah tubuh mengalami keracunan, maka tubuh akan berusaha untuk membasmi patogen yang menyebabkan keracunan makanan tersebut.

Oleh karena itu, kamu jangan menambahkan rasa sakit lainnya dengan mengonsumsi minuman keras bagi lambung.

2. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi perut dan menyebabkan perut sakit. Ada baiknya, makanan pedas tidak dikonsumsi saat masa pemulihan dari keracunan makanan.

3. Makanan mengandung tinggi lemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi akan membuat pengosongan perut dengan cepat, serta bisa memperparah gejala yang berkaitan dengan diare. Beberapa makanan yang digoreng dengan kandungan lemak tinggi seperti kentang goreng, ayam goreng, dan lainnya.

Kamu perlu hindari makan gorengan agar kondisi perutmu tidak semakin parah akibat keracunan makanan yang cukup menyiksa bagi penderitanya.

Baca Juga: Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Kamu Keracunan Makanan
Benarkah Susu Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria?

4. Makanan olahan yang berbasis susu

Saat kamu mengalami keracunan makanan, lebih baik kamu menjauhi makanan olahan yang berbasis susu. Sebab beberapa makanan yang terbuat dari susu seperti keju, yoghurt, dan es krim akan membuat kondisimu semakin buruk.

Jadi, lebih baik hindari makanan yang tidak membuatmu merasa dehidrasi dan lebih memilih makanan yang tidak terlalu membuat perut merasa iritasi.

Video Terkait