Acar Burger Menempel di Atap Jadi Karya Seni Seharga Rp94 Juta

Irisan acar yang menempel di atap jadi karya seni seharga Rp94 juta (Oddity Central)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Sebuah galeri seni di Selandia Baru baru-baru ini memicu pro dan kontra karena menampilkan karya seni kontroversial yang terdiri dari irisan mentimun acar yang menempel di langit-langit.

Berjudul 'Pickle', karya seni yang terbilang unik ini milik seniman Australia Matthew Griffin dan saat ini dipajang di Michael Lett Gallery di Auckland. Karya seni tersebut terdiri dari terdiri dari irisan mentimun acar yang diolesi saus tomat dari burger keju McDonald's yang menempel di langit-langit galeri seni tempat ia dipamerkan.

Karya seni aneh itu digambarkan oleh galeri sebagai "gerakan provokatif" yang sengaja dirancang untuk dipertanyakan apakah karya itu memiliki nilai.

Direktur Fine Arts Sydney, Ryan Moore tampaknya menganggap bahwa karya seni itu memiliki nilai yang layak, karena dibandrol dengan harga 10.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp 93 juta).

"Secara umum, seniman bukanlah orang yang memutuskan apakah sesuatu itu bukan seni – merekalah yang membuat dan melakukan sesuatu," kata Ryan Moore, direktur Fine Arts Sydney, galeri yang mewakili Griffin, dikutip dari Oddity Central.

"Meskipun ini terlihat seperti acar yang menempel di langit-langit - dan tidak ada artifisial di sana, itulah adanya - ada sesuatu dalam pertemuan dengan itu sebagai patung atau gerakan pahatan," tambah Moore.

Karya tersebut sebenarnya adalah irisan acar dari burger keju lengkap dengan saung yang membantunya tetap menempel di langit-langit. Bahkan acar tersebut tidak membusuk sama sekali.

Baca Juga: Acar Burger Menempel di Atap Jadi Karya Seni Seharga Rp94 Juta
Pertama di Dunia, Selai Kacang Ini Dibuat Khusus untuk Gamer

Rupanya, karya seni kontroversi tak hanya pada acar yang menempel tersebut. beberapa tahun lalu ada juga karya seni yang menampilkan pisang menempel di dinding. Karya itu bahkan dijual seharga Rp1,7 miliar.

Pickle mendapat tanggapan beragam secara online, dengan beberapa orang menyebutnya bahwa karya seni itu suatu hal yang 'brilian' dan 'jenius, serta yang lain mengomentarinya sebagai karya seni yang tak layak.

Video Terkait