Apakah Kentang Bisa Diolah jadi Susu? Yuk Simak Penjelasannya

Ilustrasi membuat susu kentang. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Kentang biasanya diolah menjadi makanan seperti kentang goreng, panggang, bahkan sambal kentang. Namun di Eropa, kentang ternyata dapat diolah menjadi susu.

Melansir The Spruce Eats, susu kentang merupakan alternatif terbaru yang ada di pasaran. Susu kentang telah dijual di Eropa oleh perusahaan Swedia bernama DUG.

Salah satu tujuan dari pembuatan susu kentang ini yaitu untuk memudahkan semua masyarakat membeli susu dengan harga yang terjangkau dibandingkan produk susu sapi.

Susu kentang juga dinilai berkelanjutan. Setidaknya, susu kentang memiliki jejak karbon yang 75% lebih kecil dari susu sapi perah. Selain itu, susu kentang juga membutuhkan air yang 56 kali lebih sedikit untuk tumbuh jika dibandingkan dengan tanaman non-susu lainnya.

Selain itu, manfaat susu kentang sebagai alternatif nabati yang bagus untuk orang-orang dengan alergi kacang. Rasa dari susu kentang lembut dan cukup halus di mulut. Namun jangan lupa tambahkan pemanis sebagai penyeimbang rasa agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

Baca Juga: Apakah Kentang Bisa Diolah jadi Susu? Yuk Simak Penjelasannya
Cerita Kepopuleran White Rabbit, Permen Susu yang Bisa Dimakan Bungkusnya

Cara membuat susu kentang ini, dapat dilakukan dengan merebus kentang putih yang sudah dikupas hingga empuk, lalu tiriskan. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu mencampurkan kentang yang sudah empuk ini dengan pemanis, garam dan air. Setelah itu blender hingga halus dan tercampur rata.

Namun pembuatan susu kentang ini, belum berhenti sampai disitu. Jangan lupa tambahkan almond rebus yang direndam untuk rasa pedas yang halus, krim dan protein. Lalu cicipi rasa apakah sudah manis atau belum. Rasa manis bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kemudian saring susu kentang ini dengan menggunakan kain tipis atau kantong susu kacang.

Video Terkait