5 Makanan yang Bisa Dimasak oleh Pengguna Air Fryer Pemula

Ilustrasi menu makanan dengan air fryer. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:00 WIB

Sariagri - Layaknya gadget, air fryer sempat mencuri perhatian untuk sajian makanan sehat. Memasak tanpa minyak dan menyehatkan menjadi promo yang digadai-gadai alat satu ini. Walaupun sebenarnya keberadaan air fryer sudah cukup lama namun harganya pun tidak murah.

Kelebihan air fryer adalah dapat meniru panas tinggi dari oven dan memberikan tekstur pada makanan seperti digoreng hanya dengan sedikit minyak. Waktu yang dibutuhkan juga lebih hemat ketimbang oven konvensional. 

Melansir The Spruce Eats, ada beberapa menu makanan yang bisa dicoba oleh pemula dalam menggunakan air fryer:

1. Kentang Panggang

Kentang panggang bisa dicoba oleh pemula dalam menggunakan air fryer. Kentang panggang dengan kulit yang renyah dan bagian dalam yang empuk sulit untuk dikalahkan, tetapi perlu waktu yang sangat lama untuk memasaknya dengan oven.

Caranya, tusuk kulit kentang dengan garpu dan balur dengan minyak serta garam. Kemudian masukkan ke dalam air fryer sampai empuk di dalam dan garing di luar. Waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit.

2. Donat

Donat bisa menjadi menu makanan untuk pemula dalam menggunakan air fryer. Donat membutuhkan banyak minyak ketika digoreng. Namun dengan air fryer, donat akan tampak seperti digoreng padahal sebenarnya tidak menggunakan minyak. Tampilan coklat donat juga akan sempurna dengan alat ini.

3. Paha Ayam Renyah

Untuk mendapatkan paha ayam yang renyah biasanya dibutuhkan wajan panas dengan minyak banyak. Resep ini ternyata bisa dicoba oleh para pemula pengguna air fryer. Resep ini akan menunjukkan hanya dalam waktu 30 menit kamu bisa menikmati ayam renyah nan nikmat.

4. Telur

Telur mudah dikupas dan bisa masuk dalam air fryer. Meski begitu, waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya tergantung pada ukuran air fryer dan banyaknya yang dimasak.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Dimasak oleh Pengguna Air Fryer Pemula
Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pergantian Tahun, Ini Kata Pakar

5. Steak

Steak juga bisa menjadi menu untuk pemula dalam menggunakan air fryer. Memasak steak dengan air fryer akan menunjukkan warna coklat keemasan dengan dalam kemerahan.

Namun untuk mendapatkan hasil sempurna, pemilik air fryer harus mengetahui titik panas alatnya dan periksa steak sesering mungkin untuk membaliknya agar merata.

Video Terkait