Ketahui Tepung Konnyaku yang Berasal dari Tanaman Porang

Ilustrasi tepung konnyaku. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:30 WIB

Sariagri - Pada dasarnya, tepung memiliki banyak jenis. Semua jenis tepung ini memiliki banyak manfaat untuk masakan. Beberapa diantaranya adalah tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras dan tepung konnyaku. 

Bagi masyarakat Indonesia tepung konnyaku mungkin terdengar masih asing. Melansir sejumlah sumber, diketahui tepung konnyaku yang terbuat dari konjac atau tanaman umbi besar. Konjac termasuk genus Amorphophallus atau dikenal dengan nama porang.

Tanaman yang satu itu berbatang besar dan panjang berwarna ungu gelap. Biasanya untuk mendapatkan hasil panen porang membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun.

Untuk membuat tepung konnyaku biasanya menggunakan umbi porang yang berwarna oranye cerah. Kemudian porang tersebut dicuci sampai bersih lalu dipotong hingga kecil-kecil. Setelah itu porang dijemur sampai benar-benar kering.

Proses membuat tepung konnyaku belum selesai sampai di sana. Setelah benar-benar kering, konjac akan ditumbuk sampai berbentuk tepung halus.

Baca Juga: Ketahui Tepung Konnyaku yang Berasal dari Tanaman Porang
Porang Dijadikan Bahan Baku Kertas Berharga dan Sigaret

Tidak sampai disitu, untuk membuat tepung konnyaku dilanjutkan dengan memasak hasil tumbukan tersebut bersama dengan air sampai dengan kental, lalu dicetak hingga padat.

Warna tepung juga terbagi menjadi dua, abu kecoklatan berbintik hitam dan putih bersih seperti kwetiau. Tekstur tepung ini ketika diolah adalah kenyal seperti agar-agar.

Pemanfaatan tepung konnyaku biasanya untuk mie, kwetiau, agar-agar dan membuat gurih masakan.

Video Terkait