5 Makanan Ini Dapat Meredakan Sakit Leher

Ilustrasi salmon. (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 30 Juli 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Sakit leher adalah kondisi kesehatan yang umum. Sakit leher adalah jenis rasa sakit yang dapat berkembang karena berbagai faktor seperti postur tubuh yang buruk, cedera, atau penyakit.

Leher adalah jaringan tulang terkoordinasi yang disebut vertebra. Vertebra, yang terdiri dari berbagai otot, tulang, dan ligamen, membentuk tulang belakang yang memberikan mobilitas dan dukungan untuk kepala. Namun, bila ada peradangan atau kelainan di daerah ini, bisa menimbulkan kekakuan atau nyeri leher.

Penting untuk dipahami bahwa mobilitas dan pola makan yang baik dapat membantu kamu meringankan gejala sakit leher. Pola makan yang sehat dapat memberikan kesehatan organ dan tulang.

Mengutip WebMD, berikut makanan yang dapat meringankan sakit leher.

1. Jahe

Pokok pengobatan tradisional, akar pedas ini mungkin paling dikenal karena sifat anti-mualnya yang menenangkan perut. Tapi jahe juga bisa melawan rasa sakit, termasuk nyeri leher dan kram menstruasi.

Satu studi menemukan kapsul jahe bekerja seperti obat antiinflamasi yang dijual bebas seperti ibuprofen dalam meredakan nyeri haid.

2. Blueberry

Buah ini memiliki banyak fitonutrien yang dapat melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Jika bukan musim berry, blueberry beku dapat memiliki nutrisi yang sama atau bahkan lebih banyak daripada yang segar.

Buah-buahan lain dengan antioksidan dan polifenol, termasuk stroberi dan jeruk, dapat memiliki efek menenangkan yang serupa.

3. Ikan salmon

Sarat dengan asam lemak omega-3 anti-inflamasi, salmon adalah makan terbaik buatmu. Makanan ini menyehatkan jantung dan dapat meredakan nyeri.

Varietas ikan air dingin lainnya, termasuk tuna, sarden, dan mackerel, juga merupakan pilihan yang baik. Namun, hindari nila dan ikan lele: Kadar asam lemak omega-6 yang lebih tinggi dapat memicu peradangan.

4. Kunyit

Senyawa dalam rempah-rempah yang membuat kari berwarna oranye-kuning cerah ini dapat mempengaruhi beberapa proses dalam tubuh, termasuk peradangan.

Studi orang dengan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis yang mengonsumsi suplemen kurkumin menemukan mereka bisa berjalan lebih baik dan tanpa efek samping dari minum obat. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Dapat Meredakan Sakit Leher
5 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol, Apa Saja?

5. Cabai

Cabai terkenal karena pedasnya dari senyawa capsaicin. Senyawa ini terbukti memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa sakit.

Mengonsumsi cabai dapat mengelabui otak sehingga membuatnya melepaskan endorfin yang pada gilirannya membantu memblokir sinyal rasa sakit. Paprika juga kaya akan potasium, tembaga, vitamin A, K1, B6, C dan, A.

Video Terkait