Manisnya Tradisi Minum Susu Putih Sambut Tahun Baru Hijriyah

Ilustrasi susu. (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 30 Juli 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Terdapat tradisi menyehatkan untuk menyambut Tahun Baru Hijriyah. Kebiasaan tersebut adalah meminum susu putih pada malam 1 Muharram. Saat mengonsumsi susu putih pada malam 1 Muharram ini, diselipkan doa dan harapan kehidupan manis dalam setahun ke depan.

Menurut berbagai sumber, kebiasaan ini selalu diamalkan oleh Abuya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki al-Hasani. Setiap masuk tanggal 1 Muharram, beliau membagikan susu kepada santri-santrinya.

Ketika minum susu putih 1 Muharram, terdapat doanya yaitu Allahumma Baarik Lanaa Fiihi wa Zidnaa Minhu yang artinya "Ya Allah, berikanlah kepada kami keberkahannya (susu) dan tambahkanlah kepada kami darinya."

Manfaat Susu untuk Kesehatan

Susu putih atau susu sapi merupakan minuman bergizi tinggi yang terbentuk di kelenjar susu mamalia untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir selama bulan-bulan pertama kehidupan mereka.

Berbagai macam produk makanan terbuat dari susu sapi, seperti keju, krim, mentega, dan yogurt. Makanan tersebut merupakan bagian utama dari diet modern.

Baca Juga: Manisnya Tradisi Minum Susu Putih Sambut Tahun Baru Hijriyah
Intip 4 Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan

Manfaat susu untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang. Kandungan kalsium dan protein susu yang tinggi adalah dua faktor utama yang membuat tulang kuat.

Selain itu, susu juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang tidak normal, faktor risiko utama penyakit jantung. Diperkirakan bahwa kombinasi unik kalsium, kalium, dan magnesium menjaga tekanan darah yang sehat.

Video Terkait