Molase, Pengganti Gula yang Diklaim Lebih Sehat

Ilustrasi molase atau tetes tebu yang menjadi alternatif gula. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 29 Juli 2022 | 13:45 WIB

Tetes tebu atau molase adalah pemanis yang didapatkan sebagai produk sampingan dalam produksi gula pasir. Molase dianggap menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula pasir. Produk ini biasanya dipasarkan dalam bentuk  sirup yang kental dan berwarna gelap.

Selama ini gula pasir adalah pemanis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Namun pada proses pembuatannya, gula pasir menghasilkan produk sampingan lain yang jarang diketahui yaitu molase atau disebut juga tetes tebu.

Seperti halnya gula pasir molase juga digunakan sebagai pemanis termasuk untuk membuat kue. Namun molase dianggap lebih menyehatkan karena mengandung sejumlah mineral dan vitamin.

Melansir healthline, dari setiap satu sendok makan atau 20 gram molase mengandung mangan 13%, magnesium 12%, tembaga 11%, vitamin B6 8%, selenium 6%, kalium 6%, besi 5%, dan kalsium 3%.

Proses Mendapatkan Molase

Proses untuk mendapatkan molase tersebut diawali dengan penghancuran tebu untuk mengambil air perasannya. Air tebu kemudian dipanaskan hingga pada akhirnya menghasilkan kristal gula. Sementara cairan yang tertinggal setelah kristal gula diambil inilah yang disebut dengan molase atau tetes tebu.

Proses tersebut kemudian akan diulangi lagi hingga beberapa kali pemanasan. Tiap satu kali pemanasan akan menghasilkan jenis molase yang memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Salah satu jenis molase yang terkenal yakni molase blackstrap. Molase jenis ini didapatkan dari tiga kali pemanasan yang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral.

Baca Juga: Molase, Pengganti Gula yang Diklaim Lebih Sehat
Indonesia Tidak Perlu Impor, Stok Gula Masih Cukup Sampai Mei 2022

Apakah Molase Menyehatkan Tubuh?

Meski molase mengandung beberapa jenis nutrisi mikro, kandungan gula molase tetap tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan tetap dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi medis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas.

Molase lebih aman jika dikonsumsi sewajarnya sebagai pemanis alternatif yang sedikit lebih sehat dibandingkan gula pasir. Namun, jika ingin mencari vitamin dan mineral dari makanan yang lebih sehat, sayuran dan buah-buahan tentu menjadi pilihan terbaik.

Video Terkait