Peneliti Ungkap Kayu Manis Atasi Efek Samping Diet Tinggi Lemak

Ilustrasi kayu manis. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 28 Juli 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Kayu manis termasuk rempah aromatik yang sering ditambahkan ke makanan untuk meningkatkan rasa. Bumbu dapur satu ini dinilai dapat mengurangi risiko kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh diet tinggi lemak dengan mengaktifkan sistem antioksidan dan anti-inflamasi tubuh.

Melansir India Times, Kamis (28/7/2022), para peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan kayu manis. Peneliti memberi makan tikus suplemen kayu manis selama 12 minggu bersama dengan diet tinggi lemak.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Kayu Manis Atasi Efek Samping Diet Tinggi Lemak
Kenapa Bumbu yang Dihaluskan dengan Cobek Lebih Enak? Begini Penjelasannya

Peneliti menemukan tikus yang diberi suplemen kayu manis memiliki sedikit lemak perut dengan kadar gula, insulin dan lemak yang lebih sehat dalam darah. Hal itu berbeda dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima kayu manis dengan makanan tinggi lemaknya.

Tikus yang diberi kayu manis juga memiliki sedikit molekul yang terlibat dalam proses penyimpanan lemak tubuh dan lebih banyak molekul antioksidan dan anti-inflamasi yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres. Hasilnya menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi efek diet tinggi lemak.

Video Terkait