Jus Delima, Kaya Vitamin C tapi Picu Asam Lambung Naik?

Ilustrasi jus delima. (Antara)

Editor: Dera - Rabu, 27 Juli 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Semua jenis buah-buahan adalah makanan yang sehat dan dianjurkan sebagai bagian dari diet setiap hari karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang tinggi. Akan tetapi bagi Sobat Agri yang memiliki gangguan asam lambung (refluks), ada beberapa buah yang harus dibatasi konsumsinya, salah satunya ada buah delima.

Jus buah delima adalah minuman menyegarkan yang kaya akan vitamin C, namun buah ini dapat memicu gangguan asam lambung (refluks) dan nyeri di dada (heartburn), karena kandungan keasamannya yang tinggi dan kandungan seratnya yang rendah.

Jus delima mengandung total keasaman 1,1 gram asam yang ada dalam 100cm3 jus (sekitar 3,4 ons, atau hanya di bawah setengah porsi). Bentuk utamanya adalah asam sitrat dan L-malat, dengan jumlah kandungan asam sitrat yang beberapa kali lebih tinggi dibanding buah lain, demikian dikutip dari healthline.com.

Memang dengan kandungan keasaman seperti itu bukan berarti delima menjadi pemicu gangguan asam lambung bagi semua orang. Beberapa orang mungkin sangat sensitif terhadap jus asam seperti jus delima, tapi yang lain mungkin tidak.

Untuk mengurangi risiko refluks dan heartburn, nikmati jus delima dengan takaran secukupnya dan diimbangi dengan konsumsi makanan lain. Selain itu, berhati-hatilah dengan pemicu lainnya seperti kopi, makanan pedas, dan alkohol.

Baca Juga: Jus Delima, Kaya Vitamin C tapi Picu Asam Lambung Naik?
Cuaca Tidak Menentu, Makan 4 Buah Ini untuk Tingkatkan Imun



Jika Sobat Agri ingin menikmati jus delima, cobalah tips ini untuk mengurangi risiko refluks:

  • Nikmati jus delima dengan konsumsi makanan lain yang cukup. Mengkonsumsi jus yang asam atau makanan pemicu lainnya saat perut kosong dapat memperburuk gejala asam lambung.
  • Nikmati jus delima murni, jangan dicampur dengan air berkarbonasi (bersoda) karena minuman berkarbonasi dapat memicu refluks.
  • Cobalah encerkan jus delima dengan air untuk mengurangi konsentrasi dan tingkat keasaman.

Jika mau, Sobat Agri boleh mencoba alternatif jus rendah keasaman yang kemungkinan kecil memicu refluks dan mulas. Menurut Clemson University, buah-buahan dengan keasaman rendah termasuk melon, pepaya, mangga, ceri, pir, dan buah ara, bisa menjadi pilihan jus alternatif yang baik jika Sobat Agri mencoba mengelola refluks asam lambung dan perut mulas.

Video Terkait