Makanan yang Dikonsumsi Untuk Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Harian

Ilustrasi Seafood (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Selasa, 2 Agustus 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Salah satu hal yang perlu dijaga agar tubuh tidak gampang terserang penyakit adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah.

Tak hanya itu, dengan memenuhi zat besi juga bisa menguatkan otot, menjaga kesehatan otak, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, zat besi harus dalam jumlah yang tepat, alias tidak boleh terlalu banyak. Hal ini karena dapat menimbulkan keracunan zat besi pada tubuh.

Berikut ini sejumlah makanan yang yang mengandung zat besi

1. Jeroan

Jeroan seperti otak, hati, jantung, dan ginjal bisa dijadikan sumber zat besi yang bermanfaat. Tapi, jika kamu menderita kolesterol atau sedang hamil, ada baiknya kamu membatasi mengonsumsi jeroan.

2. Tahu

Mungkin tak banyak yang mengetahui jika tahu bisa menjadi makanan penyumbang zat besi. Diketahui bahwa dalam satu mangkuk tahu atau juga setara dengan 126 gram tahu mempunyai kandungan sekitar 3,4 mg zat besi.

3. Seafood

Makanan laut atau seafood mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu seafood juga diperkaya dengan vitamin B12 yang diketahui baik dalam menjaga sel darah dan kesehatan saraf.

Baca Juga: Makanan yang Dikonsumsi Untuk Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Harian
Berapa Lama Baiknya Bayam Direbus? Berikut Penjelasannya

Akan tetapi bila kamu mempunyai permasalahan alergi dengan seafood atau makanan laut, ada baiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan seafood.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, kale, dan bayam juga menjadi sumber makanan yang mempunyai kandungan zat besi tinggi. Namun, ada baiknya kamu memastikan bahwa sayuran hijau yang kamu konsumsi tersebut masih dalam kondisi yang segar dan tentu telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah.

Video Terkait