Baikkah Diet Bebas Gluten? Ini Penjelasannya

Ilustrasi Makanan Bebas Gluten (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 28 Juli 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Saat ini, sedang tren diet bebas gluten alias gluten free. Hal tersebut karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan masalah akibat gangguan gluten.

Namun, apakah pola diet gluten free benar-benar baik? Bagi beberapa kondisi medis tertentu, mengonsumsi makanan mengandung gluten memang bisa berbahaya. Tapi gak semua kondisi mengharuskan untuk sama sekali melarang konsumsi gluten.

Agar kamu tidak salah kaprah memahami apa itu diet gluten free, berikut ini yang harus kamu ketahui sebelum menerapkannya.

Pengertian Gluten Free

Orang-orang yang menerapkan pola diet gluten free artinya mereka yang mengurangi atau bahkan tidak sama sekali mengonsumsi makanan ber-gluten.

Dikutip dari Healthline, gluten sebenarnya merupakan salah satu jenis keluarga protein utama dalam makanan yang disebut juga sebagai prolamin yang terdapat dalam bahan biji-bijian seperti gandum, barley (jelai), dan gandum hitam (rye).

Gluten berfungsi menyatukan makanan agar bentuknya tetap bertahan. Saat tercampur dengan air, protein gluten akan membentuk jaringan lengket yang mempunyai konsistensi layaknya sebuah lem.

Maka itu, gluten biasanya digunakan untuk pembuatan roti supaya adonannya elastis, kenyal, dan bisa mengembang saat dipanggang.

Tetapi, sayangnya gluten merupakan bahan yang tidak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Protein ini bahkan bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan terhadap orang-orang tertentu.

Efek Samping Gluten Bagi Kesehatan

Berbicara soal efek samping gluten bagi kesehatan, dampak buruknya sendiri bisa berbahaya bagi orang-orang yang mempunyai kondisi medis tertentu. Seperti contohnya bagi penderita alergi gandum dan penyakit celiac.

Hal itu karena protein kenyal gluten tidak akan dicerna secara sempurna. Tak hanya itu, tubuh malah memproduksi antibodi yang menyerang balik lapisan dinding usus halus, sehingga terjadi pembengkakan dan kerusakan.

Jika sampai terjadi bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, anemia, ruam pada kulit, hingga sakit tulang.

Aturan dalam Menerapkan Diet Gluten Free

Jika kamu mengalami kondisi intoleransi gluten dan penyakit celiac, maka disarankan untuk menjalankan program diet gluten free. Kamu bisa menerapkan pola makan yang bebas tidak sama sekali mengonsumsi gluten dalam bentuk apapun.

Caranya dengan menghindari konsumsi bahan makanan bertepung gandum seperti roti, pasta, atau mie. Sebagai gantinya, kamu bisa membeli segala produk makanan yang sudah tertera label gluten free agar lebih aman.

Pilih juga bahan makanan yang terbuat dari biji-bijian lain yang bebas kandungan gluten. Beberapa biji-bijian bebas gluten dan pilihan lain yang aman antara lain jagung, beras, kedelai, kentang, ubi, dan tepung tapioka.

Baca Juga: Baikkah Diet Bebas Gluten? Ini Penjelasannya
Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Ini Rekomendasi Pola Makan Sehat

Selain itu, imbangi juga pola konsumsi harianmu dengan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Perbanyak konsumsi makanan segar seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, telur, daging rendah lemak, dan produk susu rendah lemak.

Kurangi juga konsumsi makanan olahan, daging olahan, dan produk makanan beku atau frozen food karena sering ditambah tepung gluten.

Video Terkait