Intip 4 Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan

Ilustrasi susu oat. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 26 Juli 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Susu oat atau oat milk nilai gizinya tidak sama seperti gandum utuh. Susu oat kaya dengan nutrisi seperti kalsium, kalium, zat besi, vitamin B, serta vitamin A dan D. Umumnya susu oat memiliki lebih banyak kalori, karbohidrat, dan serat dibandingkan susu almond, kedelai, dan sapi.

Selain itu, susu oat cenderung mengandung lebih banyak vitamin B dibandingkan susu almond. Sedangkan susu almond cenderung mengandung lebih banyak vitamin E.

Jadi apa manfaat susu oat? Mengutip Healthline, berikut manfaat susu oat.

1. Bebas Laktosa

Susu oat adalah pilihan bagi mereka yang memiliki pantangan makanan tertentu. Karena bahan dasarnya gandum dan air, susu ini bebas laktosa dan kacang-kacangan.

2. Sumber Vitamin B

Susu oat sering diperkaya dengan vitamin B seperti riboflavin dan vitamin B12. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan yang optimal dan terkait dengan banyak manfaat.

Misalnya, vitamin B dapat membantu mengurangi stres, memerangi kerusakan oksidatif, dan meningkatkan kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

3. Menurunkan Kolesterol LDL

Susu oat kaya akan beta glucan, sejenis serat larut dengan manfaat kesehatan jantung. Beta glucan membentuk zat seperti gel di dalam usus yang dapat mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya.

Beta glucan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kadar kolesterol LDL yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Baca Juga: Intip 4 Manfaat Susu Oat untuk Kesehatan
8 Minuman Fermentasi dari Berbagai Negara, Indonesia Juga Ada!

4. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Susu oat diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang keduanya dapat bermanfaat bagi tulang. Kalsium penting untuk tulang yang kuat dan sehat. Seiring waktu, kekurangan kalsium dalam makanan dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan cenderung mudah patah.

Vitamin D yang cukup sama pentingnya, karena membantu penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium dan dengan demikian melemahkan tulang. 

Video Terkait