3 Susu Nabati yang Cocok untuk Campuran Kopi

Susu Almond. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 26 Juli 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Sebagian besar kandungan susu nabati adalah air dan tanpa pemanis. Oleh sebab itu, umumnya orang yang sedang diet atau hidup sehat akan memilih susu nabati karena mengandung sedikit kalori.

Susu nabati juga sangat ideal untuk siapa saja dan menjadi pilihan yang baik bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa dan alergi susu. Namun, apakah susu nabati bisa menjadi tambahan untuk kopi?

Mengutip SF Gate, berikut susu nabati pilihan yang bisa menjadi campuran kopi.

1. Susu Oat

Susu oat menjadi salah satu susu nabati paling populer untuk digunakan sebagai campuran kopi. Susu oat terbuat dari kombinasi oat, air, dan minyak canola untuk emulsifikasi.

Kandungan seratnya yang tinggi membuat susu oat menjadi pilihan menu diet. Susu oat juga menarik bagi orang yang sadar kesehatan karena mengandung lemak yang relatif sedikit tanpa mengorbankan protein yang bisa kamu dapatkan dari susu hewani.

2. Susu Kedelai

Sebagian besar kedai kopi terbiasa menggunakan susu kedelai dalam karena jenis susu nabati ini menjadi pilihan populer selama bertahun-tahun.

Susu kedelai mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Hal tersebut menjadikan susu kedelai menjadi pilihan yang menarik bagi banyak bisnis.

Beberapa susu kedelai mengental dalam kopi sebagai reaksi terhadap keasaman atau suhu panas. Susu kedelai tanpa bahan pengawet mungkin lebih mudah pecah dalam kopi.

Jika menurut kamu suhu adalah masalahnya, coba tuangkan susu kedelai hangat ke dalam cangkir saji dan tambahkan kopi secara perlahan.

3. Susu Almond

Susu almond adalah salah satu susu kacang paling populer di pasar nabati. Banyak produsen memproduksi susu almond manis dan tanpa pemanis. Namun, dalam hal kopi, susu almond tidak sebaik beberapa susu nabati lainnya.

Baca Juga: 3 Susu Nabati yang Cocok untuk Campuran Kopi
5 Cara Menyimpan Susu di Lemari Es agar Tidak Cepat Basi

Sayangnya, susu almond dapat mengental dalam kopi karena alasan yang sama seperti susu kedelai: suhu dan keasaman. Untuk mengatasi penggumpalan, hindari menuangkan susu almond dingin ke dalam kopi yang sangat panas.

Reaksinya terhadap keasaman kopi mungkin berbeda antara jenis kopi sangrai dan mereknya. Jadi pastikan untuk mencoba beberapa opsi jika kamu ingin menjadikan susu almond sebagai menu minuman andalan.

Video Terkait