Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Ilustrasi belimbing wuluh. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Rabu, 27 Juli 2022 | 13:40 WIB

Sariagri - Belimbing wuluh dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah dengan bentuk lonjong tetapi berukuran kecil itu memang banyak ditemui di Asia Tenggara.

Biasanya, buah yang juga dikenal dengan belimbing sayur ini dijadikan bumbu berbagai makanan seperti gulai ikan dan garang asam. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh rasa asam yang melekat pada buahnya.

Melansir sejumlah sumber, belimbing wuluh tidak hanya berguna untuk masakan. Buah yang satu ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor dan zat besi.

Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung vitamin B, flavonoid, saponin dan tanin.

Berikut ini manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan:

1. Mengatur tekanan darah

Salah satu manfaat belimbing wuluh adalah mengatur tekanan darah khususnya tekanan darah tinggi. Kandungan kalium di dalamnya membantu melemaskan dinding pembuluh darah sehihngga dapat menurunkan tekanan darah.

2. Menghalau risiko kanker

Manfaat belimbing wuluh juga dipercaya dapat mencegah seseorang terkena risiko kanker. Kandungan antioksidan dalam belimbing wuluh dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan
Fenomena Saus Pink yang Ramai di Jagat Maya



Manfaat belimbing wuluh juga untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh karena kandungan antioksidan dan serat di dalamnya. Buah ini sangat baik untuk penderita diabetes.

4. Penyakit kardiovaskular

Belimbing wuluh juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular karena antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut dapat menangkal efek radikal bebas.