Mampu Dongkrak Stamina Pria, Nikmatnya Bebalung Kuda Khas Lombok

Bebalung Kuda yang ditawarkan di rumah makan di Lombok. (Sariagri/Yongki)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Juli 2022 | 17:15 WIB

Sariagri - Sariagri - Tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, pulau Lombok juga kaya dengan ragam kuliner khas yang menggugah selera.

Seperti di sebuah warung makan di Kota Mataram, yang mengolah daging kuda menjadi kuliner sate dan bebalung kuda yang nikmat. 

Olahan unik yang hanya bisa dijumpai di warung bu Khaeriah ini menyajikan khusus daging kuda sebagai menu utamanya. Selain menyajikan sup daging kuda, warung tersebut juga menyuguhkan sate berbahan dasar kuda.

"Karena jarang ada jadi kita buat sate dan sup ini menggunakan daging kuda,"ujar Khaeriah pemilik warung. 

Selain nikmat dengan citarasa daging kuda muda yang tentunya menggugah selera, kuliner yang satu ini juga banyak diburu  karena diyakini mampu menambah stamina.

"Kalau kita makan daging kuda ini kan jadi banyak stamina dan membuat kita sehat, itu makanya banyak yang memesan,"ungkapnya.

Daging kuda terpilih yang sudah matang di masak biasanya dibuat Khaeriah menjadi sajian sup bebalung dengan racikan bumbu pilihan, tidak hanya itu, pihaknya juga membuat sate daging kuda dengan bumbu pedas manis.

Rasanya yang nikmat dengan paduan bumbu pedas manis membuat warung milik Khaeriah ramai diburu warga lokal bahkan luar daerah. "Apalagi di musim pandemi, banyak yang datang kesini terutama kaum pria," ujarnya.

Khaeriah mengaku setiap hari biasa menyiapkan mulai 40 hingga 50 kilogram daging kuda untuk para konsumennya. Sementara untuk satu porsi bebalung kuda dibanderol dengan harga Rp 30 ribu dan satu porsi sate kuda harganya cukup terjangkau hanya Rp 25 ribu saja. 

"Iya kita sengaja pilih harga terjangkau agar warga bisa membelinya meskipun dari kalangan ekonomi ke bawah,"jelasnya.  

Selain nikmat, memakan satu porsi daging kuda juga cukup menantang, hal itu diakui oleh Baiq Lala salah seorang penikmat daging kuda di warung Khaeriah, menurut Lala, kuda yang biasa menjadi alat transportasi dengan bentuk tubuh yang tegar bisa dibuat kuliner yang cukup menggugah selera. 

Baca Juga: Mampu Dongkrak Stamina Pria, Nikmatnya Bebalung Kuda Khas Lombok
Pulihkan Ekonomi, Walikota Semarang Beri Pelatihan Pedagang Mie dan Bakso

"Awalnya saya ragu mencoba kuliner ini karena kuda yang bisa kita lihat dijalan sebagai alat transportasi ternyata bisa di makan, tapi pas nyoba ternyata rasanya enak," kata Lala. 

Lala mengaku baru pertama kali mencoba olahan daging kuda, ia merasa begitu terkejut setelah merasakan bebalung dan sate kuda yang diluar dari ekspektasinya, karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat."Rasanya enak ternyata dan saya jujur baru pertama kali mencoba masakan kuda ini,"pungkasnya. 

Video Terkait