Gampang Banget, Begini Cara Goreng Ebi Furai Tetap Lurus dan Renyah

Ilustrasi Ebi Furai (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 26 Juli 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Kuliner khas Jepang juga populer bagi masyarakat Indonesia, salah satunya tempura yang mudah sekali kita beli baik di supermarket atau e-commerce. Tetapi, jenis tempura berbeda-beda, mulai dari nori, ikan, sayuran, ayam, sampai udang. Untuk tempura udang atau lebih dikenal dengan nama ebi furai

Jika di negara asalnya, ebi furai disajikan sebagai pendamping ramen, udon, sup, atau cukup dengan nasi putih hangat. Ebi furai tak hanya dikenal enak, tapi cara membuatnya cukup unik.

Menariknya lagi, setelah dimasak, ebi furai memiliki bentuk tetap lurus cantik. Tekstur dalamnya empuk dan bagian luar renyah. Padahal, biasanya udang saat dimasak bentuknya jadi melengkung.

Ternyata, ada teknik tersendiri untuk membuat udang tampak lurus saat digoreng. Dikutip dari akun TikTok bernama @fajarlele, langkah pertama adalah mencuci udang dengan air mengalir.

Kemudian hilangkan beberapa bagian udang yang tidak perlu, seperti bagian kepala, kulit, serta ujung ekor udang yang tajam. Selanjutnya gunakan pisau untuk mengerat daging udang untuk menghilangkan kotoran di bagian dalam.

Cukup sayat sedikit saja bagian punggung udang dan kotoran seperti benang hitamnya bisa langsung dibersihkan, tidak lupa untuk pijat-pijat dengan jari.

Jika tahap ini sudah selesai, kamu bisa melumuri udang dengan tepung. Agar bisa tebal, renyah, dan tetap gurih, wajib pakai dua jenis adonan tepung.

Baca Juga: Gampang Banget, Begini Cara Goreng Ebi Furai Tetap Lurus dan Renyah
Sejarah dan Sederet Fakta 6 Makanan Khas Imlek di Indonesia

Kamu bisa menggunakan tepung basah dan kering. Untuk tepung basah, bisa memakai terigu, telur ayam, merica, kaldu bubuk, dan susu cair. Sementara tepung keringnya cukup pakai tepung roti.

Jika sudah siap, udang bisa langsung digoreng di minyak panas dalam jumlah yang banyak. Gunakan api kecil biar matang merata dan setelah matang, kamu bisa tiriskan. Ebi furai punsiap disajikan.

Video Terkait