Tak Disangka, Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kista Ovarium

Ilustrasi Junk Food (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Minggu, 24 Juli 2022 | 16:30 WIB

Sariagri - Bagi sebagian wanita, kista merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan. Salah satu jenis penyakit kista yang sering menghantui kaum hawa ini adalah kista ovarium.

Mengutip dari laman resmi Healtline, kista ovarium menimbulkan gejala-gejala seperti adanya rasa nyeri di perut bagian bawah, adanya bercak atau pendarahan di beberapa kasus, dan juga siklus menstruasi yang tidak teratur.

Maka dari itu, kamu sebagai wanita ada baiknya untuk menjaga pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh.

Berikut delapan makanan yang bisa picu terbentuknya kista ovarium tumbuh.

1. Daging merah

Daging merah memang tinggi protein. Namun sangat disayangkan mengkonsumsi daging merah secara berlebihan bisa menimbulkan efek yang kurang baik. Selain tinggi lemak, daging merah juga bisa menyebabkan terbentuknya dan memperparah kista yang ada dalam tubuh.

2. Gorengan

Seperti yang sudah kita ketahui, gorengan adalah makanan yang mempunyai efek tidak baik bagi kesehatan. Kandungan minyak di dalamnya dapat mengganggu hormon dan juga meningkatkan pembentukan kista di ovarium. Belum lagi, adanya penumpukan lemak yang berlebih sehingga bisa meningkatkan berat badan.

3. Makanan berpengawet

Makanan kemasan memang memberikan kepraktisan. Namun, jika terlalu berlebihan, makanan yang mengandung pengawet ini malah akan memicu terbentuknya kista karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.

4. Makanan produk susu

Makanan produk susu seperti keju, mentega, dan krim perlu kamu batasi pengomsumsiannya. Pasalnya, semakin sering kamu mengonsumsinya, semakin besar resiko terkena kista ovarium. Layaknya makanan yang mengandung pengawet, makanan produk susu ini juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

5. Manisan

Manisan seringkali disajikan sebagai camilan. Namun, dibalik enaknya kudapan satu ini, juga bisa menjadi pemicu terbentuknya kista ovarium. Hal itu dikarenakan makanan satu ini mengandung gula rafinasi yang tinggi.

6. Kue kering

Baca Juga: Tak Disangka, Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kista Ovarium
Waspada! 5 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Picu Penyakit Stroke



Saat Lebaran, kue kering pasti tak pernah absen ada di atas meja. Karena ukurannya yang mungil dan terasa lezat, pasti tak cukup satu atau dua kali suap saja untuk menyantapnya. Namun, dilansir dari superfood sanctuary.com, kue kering juga bisa memicu terbentuknya kista ovarium dikarenakan mengandung gula yang cukup tinggi. Hal itu diawali dengan membuat hormon menjadi tidak seimbang.

7. Roti tawar

Roti tawar terbuat dari tepung terigu yang mengandung karbohidrat olahan dan sudah melalui proses pembuatan yang panjang. Sehingga bahan makanan satu ini juga memicu resistensi insulin yang dapat memicu terbentuknya kista di dalam ovarium.

8. Junk food

Junk food seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, ataupun nugget juga harus dihindari oleh para perempuan. Karena didalamnya terkandung lemak yang tinggi, sehingga bisa memicu timbulnya inflamasi atau peradangan. Ia juga menimbulkan efek yang tidak baik pada tubuh. Salah satunya adalah pembentukkan kista di dalam ovarium.

Video Terkait