Kyrgyzstan Tarik Wisatawan dengan Mengenalkan Susu Kuda Fermentasi

Ilustrasi kuda. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Kamis, 21 Juli 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Kyrgyzstan menarik lebih banyak wisatawan dengan mempromosikan menu tradisionalnya yaitu susu kuda betina yang difermentasi. Masyarakat lokal kerap minum dan mandi dengan susu tersebut karena dinilai baik untuk kesehatan.

Mengutip CNN, Kamis (21/7/2022), langkah ini dilakukan karena minat terhadap minuman fermentasi dan probiotik melonjak di banyak negara.

Pentingnya minuman yang disebut kumis ini bagi budaya Kyrgyzstan ditunjukkan oleh fakta bahwa ibu kota negara tersebut, Bishkek, dinamai menurut nama dayung yang digunakan untuk mengaduk susu fermentasi.

Melalui film dan festival, Kyrgyzstan mendorong wisatawan untuk merasakan gaya hidup nomaden tradisional ala Kyrgyzstan. Para turis diajak tidur di padang rumput pegunungan yang subur dekat dengan kawanan kuda yang menyediakan susu.

Baca Juga: Kyrgyzstan Tarik Wisatawan dengan Mengenalkan Susu Kuda Fermentasi
Intip 5 Manfaat Susu Beras untuk Kesehatan

Wisatawan juga dapat minum susu lokal segar yang dikenal sebagai saamal.

“Kami memutuskan untuk mencobanya setelah mendengar tentang saamal dan kumis dari teman-teman kami yang pernah mengunjungi Kyrgyzstan,” kata Ibrahim al-Sharif, seorang turis dari Makkah, Arab Saudi.

"Saya bahkan tidak bisa menggambarkan rasanya. Tidak ada di Arab Saudi yang bisa saya bandingkan dengan itu," tambahnya.

Memerah susu kuda jauh lebih sulit daripada memerah susu sapi. Orang yang memerah susu kuda harus memeluk paha hewan untuk melakukannya. Pemerahan dilakukan antara pertengahan Mei dan pertengahan Juli, dengan melihat gugusan bintang Pleiades di langit malam.

Video Terkait