Manfaat Ubi Ungu untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ubi Ungu. (Puslitbangtan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 19 Juli 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Ubi ungu merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang mengandung antosianin untuk meningkatkan produksi antioksidan. Kandungan ini berdampak positif untuk pemecahan senyawa-senyawa yang beracun sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) pada tahun 2014 telah melepas ubi ungu yang kaya akan antosianin dengan nama varietas Antin 3.

Kepala Balitkabi yang berkantor di Malang, Yuliantoro Baliadi mengatakan, ubi ungu varietas Antin 3 adalah varietas unggulan yang dilepas pada tahun 2014 oleh Balitkabi. Varietas tersebut memiliki kadar antosianin tinggi yaitu ±150,7 mg/100 g (bb).

“Ubi ungu varietas Antin 3 adalah varietas unggulan yang bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung kadar antosianinnya tinggi, lebih tinggi dari varietas yang berasal dari Jepang yaitu varietas Ayamurasaki,” ujar Baliadi dikutip dari laman Puslitbangtan.

Senada dengan Kepala Balitkabi, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Haris Syahbuddin juga mengatakan Balitkabi telah melepas komoditas unggulannya yaitu ubi ungu Antin 3 sebagai pangan fungsional yang kelebihannya untuk kesehatan.

Berdasarkan deskripsinya, ubi jalar ungu varietas Antin 3 ini selain memiliki kadar antosianinya tinggi juga potensi hasilnya tinggi yaitu 30,6 ton per hektare dan umur panennya 4 – 4,5 bulan.

Selain itu varietas Antin 3 ini agak tahan penyakit kudis, agak tahan hama boleng, toleran kekeringan dan cocok ditanam pada lahan tegalan atau sawah sesudah tanaman padi.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Diterjang Topan, Cina Bergegas Pastikan Hasil Pertanian Capai Target

Beberapa tahun lalu dunia termasuk Indonesia dihebohkan dengan adanya pandemi COVID-19 yang berasal dari Cina. Penyebaran virus Corona ini sangat cepat termasuk di Indonesia. Virus corona bekerja dengan memicu ketidakseimbangan dalam respon kekebalan tubuh manusia (imunitas).

“Virus corona adalah virus yang menguji daya tahan tubuh, jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat merebaknya virus corona harus mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin selain mengeyangkan juga menyehatkan," kata Haris.