Ada Natto, 5 Makanan Ini Berkontribusi terhadap Kesehatan Orang Jepang

Ilustrasi natto. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Senin, 18 Juli 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Makanan Jepang terkenal dengan manfaat kesehatannya. Orang Jepang memiliki harapan hidup tertinggi kedua di dunia dan mereka menghubungkan kesehatan yang baik dengan pola makan.

Para peneliti masih mencoba mencari tahu mengapa makanan Jepang begitu sehat. Tetapi tidak ada keraguan bahwa makanan Jepang adalah menu makanan baik.

Mengutip Sci Tech Daily, berikut beberapa makanan terbaik yang berkontribusi terhadap kesehatan orang Jepang.

1. Ikan

Orang Jepang mengonsumsi sekitar 63,5 kilogram ikan per orang setiap tahun. Ikan adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik serta membangun dan mempertahankan massa otot.

Plus, ikan berlemak, seperti salmon tangkapan liar, mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung dan otak.

Beberapa penelitian menemukan omega-3 mengurangi peradangan, kekuatan pendorong di balik banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular. Asam lemak ini ditemukan pada ikan air dingin seperti salmon, mackerel, atau tuna tetapi tidak pada kerang dan remis.

2. Natto

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Natto memiliki tekstur yang lengket seperti keju atau yogurt, dan memiliki bau yang tidak sedap bagi sebagian orang. Namun orang Jepang menyukainya dan sering memakannya.

Apa yang membuat natto menjadi pembangkit tenaga nutrisi? Natto tinggi protein dan vitamin K2, vitamin yang penting untuk kesehatan tulang.

Studi menunjukkan vitamin K2 mungkin juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Vitamin K2 mengaktifkan osteocalcin, hormon yang mengarahkan kalsium ke tulang dan menjauh dari dinding bagian dalam arteri di mana ia dapat berkontribusi pada penyakit kardiovaskular.

3. Edamame

Edamame sejenis kacang-kacangan yang biasanya dijadikan camilan tradisional Jepang. Edamame terbuat dari kedelai yang dipetik saat masih hijau dan lunak, lalu direbus atau dikukus hingga konsistensinya sedikit renyah.

4. Miso

Sup miso adalah sup Jepang yang terbuat dari dashi, sayuran, dan pasta miso. Orang Jepang menikmatinya sebagai hidangan pembuka. Jika kamu mencari makanan Jepang yang sehat, maka sup miso bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena bergizi dan tinggi protein.

Plus, pasta miso memiliki lebih dari 20 nutrisi yang berbeda termasuk vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), dan vitamin E.

5. Rumput Laut

Orang Jepang banyak mengonsumsi sayuran laut, termasuk rumput laut. Rumput laut merupakan sumber yodium, yang penting untuk memproduksi hormon tiroid.

Baca Juga: Ada Natto, 5 Makanan Ini Berkontribusi terhadap Kesehatan Orang Jepang
5 Olahan Kedelai yang Digemari di Jepang

Rumput laut juga mengandung vitamin A dan C, magnesium, zat besi, magnesium, kalium, dan kalsium. Plus, kaya serat dan mengandung omega-3.

Ada banyak jenis rumput laut dan semuanya memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Ada yang crunchy, ada juga yang lembut. Beberapa rasanya seperti sayuran, dan yang lain rasanya seperti makanan laut.

Video Terkait