Mengenal Natto, Makanan Viral Khas Jepang yang Bergizi

Ilustrasi natto. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 18 Juli 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Natto, salah satu makanan Jepang yang cukup viral belakangan ini. Banyak yang suka tetapi tidak sedikit juga yang tidak cocok dengan rasanya.

Melansir sejumlah sumber, natto merupakan kedelai yang difermentasi dengan tekstur berlendir, lengket dan berserabut. Mungkin untuk sebagian orang, makanan satu ini terlihat tidak menggugah selera ditambah lagi dengan baunya yang menyengat.

Namun, natto sebenarnya bergizi karena proses fermentasi dan mengandung probiotik. Kandungan probiotik merupakan bakteri baik yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti makanan menjadi mudah dicerna supaya memudahkan usus menyerap nutrisinya.

Baca Juga: Mengenal Natto, Makanan Viral Khas Jepang yang Bergizi
Melihat Sisi Baik dan Buruk dari Menu Ceker Ayam

Dari kandungan probiotik itu, manfaat natto adalah meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat natto juga berguna untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin K2 yang cukup langka. Natto juga berguna untuk jantung karena kandungan serat dan probiotik.

Bahkan, manfaat natto juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh karena kaya vitamin C, tembaga dan zat besi.

Untuk menyantap natto, biasanya ditambah dengan kecap, mustard dan daun bawang. Selain itu, sajian ini juga dapat dinikmati dengan nasi hangat. Selain itu, natto juga dijadikan sebagai tambahan nasi goreng.