Ini Lho Manfaat Kecap Asin untuk Makanan

Ilustrasi kecap asin. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 18 Juli 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Kecap asin seringkali ditambahkan dalam masakan seperti tumisan atau sup. Penggunaan kecap asin biasanya sering dilihat pada makanan Chinesse Food atau Seafood.

Penggunaan kecap asin sebenarnya bukan hanya untuk menambah rasa asin tetapi juga ada khasiat lainnya. Tak heran kalau penggunaan kecap asin sering terdapat di sejumlah makanan.

Melansir sejumlah sumber, berikut ini manfaat penggunaan kecap asin di makanan:

1. Untuk warna makanan

Kecap asin berguna sebagai pemberi warna pada makanan yaitu warna yang lebih gelap. Namun jangan gunakan kecap ini terlalu banyak ya, karena bisa merusak rasa makanan seperti keasinan.

2. Bumbu marinasi

Kecap asin berguna untuk bumbu marinasi ayam juga daging. Nantinya, ayam atau daging dapat melalui proses karamelisasi dengan baik karena sudah diberikan kecap asin.

Baca Juga: Ini Lho Manfaat Kecap Asin untuk Makanan
Studi: Minyak Kedelai Sebabkan Perubahan Genetik Di Otak

3. Pelengkap

Kecap asin juga berguna untuk pelengkap makanan seperti cocolan. Biasanya, cocolan dari kecan ini digunakan untuk makanan Jepang seperti sushi.

4. Rasa

Selain itu, kecap asin juga digunakan untuk penyeimbang rasa masakan. Hal tersebut karena kecap asin memiliki rasa asin, manis, pahit dan gurih. Tentu saja berbeda dengan garam yang dominan pada rasa asin. Dengan menambahkan kecap asin artinya seseorang tidak perlu lagi menggunakan MSG buatan.

Video Terkait