3 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Pengganti Mentega

Ilustrasi - Mentega. (Pexels)

Editor: Putri - Sabtu, 16 Juli 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Mentega adalah bahan olesan dan bahan pembuatan kue yang populer. Namun beberapa orang harus menghindari mentega karena berbagai alasan.

Meskipun mentega sangat rendah protein, mentega masih mengandung sejumlah kecil kasein protein susu, yang dapat menyebabkan alergi. Orang dengan intoleransi laktosa juga kerap menghindari mentega, walaupun jumlah laktosanya kecil.

Mengutip Healthline, berikut bahan makanan yang bisa menjadi pengganti mentega.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menggantikan mentega untuk masakan yang dipanggang dengan perbandingan 1:1, meskipun mungkin sedikit mengubah rasanya. Karena rasa minyak cenderung seperti kelapa, minyak ini sangat cocok untuk resep makanan yang membutuhkan sensasi rasa tropis.

Jika kelapa bukan rasa yang kamu cari, kamu bisa menggunakan merek minyak kelapa yang lebih halus atau pengganti lainnya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menjadi pengganti mentega dengan perbandingan volume 3:4. Misalnya, jika resepnya meminta 1 cangkir mentega, bisa menggantinya dengan 3/4 cangkir minyak zaitun.

Karena minyak zaitun berbentuk cair, bahan ini tidak tepat untuk masakan yang membutuhkan lemak agar tetap padat atau yang membutuhkan banyak krim, seperti frosting dan kue kering.

Rasa kuat minyak zaitun bekerja dengan baik dalam resep yang memiliki rasa buah, kacang, atau gurih, seperti roti labu atau muffin.

3. Ghee

Ghee adalah jenis mentega yang diklarifikasi dengan rasa aromatik dan pedas. Mentega jenis ini tidak mengandung kasein atau laktosa. Oleh sebab itu mentega ini pilihan yang lebih aman bagi orang-orang dengan alergi susu atau intoleransi laktosa.

Baca Juga: 3 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Pengganti Mentega
Rutin Minum Satu Sendok Minyak Zaitun Ternyata Bisa Cegah Penyakit Jantung

Dalam makanan panggang yang menginginkan rasa mentega yang kuat, mentega ini dapat menggantikan mentega biasa dengan perbandingan 1:1.

Mengganti mentega dengan ghee paling cocok untuk makanan yang dipanggang pada suhu tinggi dan disajikan hangat, seperti roti dan kue. Namun, karena ghee memberikan kelembapan lebih banyak daripada mentega, kamu mungkin perlu mengubah jumlah air dan tepung dalam resep.

Video Terkait