Bagikan Sate Gratis, Santri Gresik Ajak Warga agar Tidak Takut Wabah PMK

Santri Gresik bagikan sate gratis untuk warga. (Foto: Arief L/Sariagri)

Editor: Putri - Kamis, 14 Juli 2022 | 10:45 WIB

Idul Adha ini bisa jadi momentum agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir dengan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Puluhan santri dan santriwati bersama para ustaz dari sejumlah pondok pesantren di wilayah Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengajak masyarakat untuk tidak takut makan daging sapi.

“Salah satu kampanye kami agar daging sapi maupun kambing bisa diterima masyarakat yakni dengan membagikan ratusan tusuk sate kepada para pengguna jalan dan pengunjung kafe,” kata kordinator santri Syahrul Munir kepada Sariagri, Rabu 13 Juli 2022.

Aksi bagi-bagi sate daging hewan kurban ini sekaligus membantu peternak dalam mendongkrak penjualan pasca-Idul Adha.

“Kalau bisa ternak baik sapi maupun kambing tetap laku dengan harga yang layak bagi peternak. Jadi jangan sampai hanya saat momen berkurban Idul Adha 1443 Hijriyah saja, sapi laku dan kambing juga terjual,” ujar Syahrul.

Dalam aksi sosial ini, masing-masing warga mendapat 5 tusuk sate yang sudah dicampur dengan bumbu dan siap disantap.

“Kebetulan daging yang kita sate ini adalah daging sapi. Sebelum dibakar dimasak di air mendidih, lalu kita periksa dan dipastikan sehat kemudian dipotong kecil-kecil untuk ditusuk menjadi sate. Jadi kami pastikan daging sehat bebas dari PMK,” jelasnya.

Di samping kampanye gemar makan daging sapi dan edukasi untuk tidak takut PMK, para santri juga menyuarakan sikap harmonis antara santri dengan kiai.

Mereka ingin menghapus stigma negatif yang berkembang sebagai akibat dari viralnya kasus pelecehan seksual yang terjadi di salah satu ponpes di Kabupaten Jombang.

“Kami ingin menghapus stigma negatif akibat adanya kasus pelecehan santriwati oleh anak kiai di Jombang. Kami tunjukan santri di Gresik harmonis dengan kiai dan ustaz. Melalui aksi bakar sate dan bagi-bagi sate daging kurban ini,” tutupnya.

Video Terkait



Baca Juga: Bagikan Sate Gratis, Santri Gresik Ajak Warga agar Tidak Takut Wabah PMK
Waspada! Wabah PMK Menyebar, Daging Bagian Ini Jangan Dikonsumsi