SARS-CoV-2 Tetap Hidup dalam Daging di Freezer hingga 30 Hari

Daging beku. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 12 Juli 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Para ahli menemukan bahwa virus pengganti SARS-CoV-2 dapat bertahan hidup pada produk daging di lemari es atau freezer, hingga 30 hari. Virus ini tetap hidup dan berkembang biak atau menular ke orang yang mengonsumsi daging tersebut.

Penelitian ini dipublikasikan di Applied and Environmental Microbiology, jurnal dari American Society for Microbiology. Dari penelitian yang dilakukan, para peneliti menemukan bahwa wabah COVID-19 yang terjadi di Asia Tenggara tanpa adanya transmisi komunitas atau transmisi antar manusia.

Laporan dari komunitas tersebut "menunjukkan bahwa produk daging kemasan, yang diproduksi di daerah di mana SARS-CoV-2 beredar, bisa menjadi sumber virus," kata  Emily S. Bailey, Ph.D., asisten profesor di Sekolah Tinggi Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Campbell, Buies Creek, N.C.

Bailey mengatakan bahwa penemuan ini penting karena SARS-CoV-2 dapat bereplikasi di dalam usus dan saluran pernapasan. Artinya, daging yang mengandung virus dapat menularkan virus tersebut ke orang yang mengonsumsinya. 

Baca Juga: SARS-CoV-2 Tetap Hidup dalam Daging di Freezer hingga 30 Hari
Teknologi Biosensor untuk Mendeteksi Patogen pada Peternakan Ayam



Penelitian dilakukan dengan menggunakan ayam, sapi, babi dan salmon, dan virus pengganti dengan paku (spikes) mirip dengan SARS-CoV-2. Para peneliti menyimpan produk di kedua pendingin bersuhu 4 derajat Celsius dan suhu freezer -20 derajat Celsius.

"Meskipun Anda mungkin tidak menyimpan daging di lemari es selama 30 hari, Anda mungkin menyimpannya di dalam freezer selama itu," kata Bailey. "Kami bahkan menemukan bahwa virus dapat dibiakkan setelah (dibekukan) dalam waktu yang lama." jelas Bailey. 

Berdasarkan penelitian ini, para peneliti mengimbau dilakukannya upaya berkelanjutan untuk mencegah kontaminasi makanan dengan memasak makanan, kebersihan tangan pekerja, dan kebersihan peralatan pemrosesan makanan seperti pisau dan lain-lain. 

Video Terkait