Terkuak! 5 Rahasia KFC yang Jarang Diketahui, Lada Putih Jadi Bumbu Penting

Ilustrasi Ayam KFC. (Sariagri/Antara)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 12 Juli 2022 | 16:55 WIB

Sariagri - KFC merupakan salah satu restoran cepat saji yang populer di hampir seluruh dunia. Bagi penikmatnya, menu ayam goreng memang menjadi pilihan utama dari restoran yang didirikan oleh Kolonel Sanders ini.

Dibalik nama besarnya, rupanya KFC menyimpan segudang rahasia yang jarang diketahui para penggemarnya. Mulai dari awal ide bisnis, resep rahasia, hingga kisah persaingan bisnis.

Berikut 5 rahasia tentang restoran ayam goreng tersebut, dikutip dari Eat This.

1. Lada Putih Jadi Rempah-rempah Penting

Semenjak berdiri tahun 1952, resep ayam goreng KF selalu menjadi rahasia. Namun, pada 2016 seorang penulis untuk Chicago Tribune menemukan apa yang konon merupakan resep sebenarnya. Ia menyebutkan resep ayam goreng KFC menggunakan 11 bumbu dan rempah-rempah termasuk lada putih. Penulis itu yakin bahwa penggunaan lada putih menjadi rempah-rempah penting pada bumbu ayam goreng KFC.

2. Ide Bisnis Berawal dari Pom Bensin

Pendiri KFC bernama Harland David Sanders awalnya membangun KFC di sebuah pom bensin di kota Kentucky. Mengutip History, usahanya pun menjadi populer lantaran menjual berbagai makanan sederhana seperti ham, okra, biskuit hingga kacang panjang.

Namun pada 1939, ia menemukan bahwa menggunakan pressure cooker dapat mempercepat memasak ayam goreng buatannya yang menggunakan 11 rempah-rempah.

3. Persaingan Bisnis hingga Adu Tembak

Dalam buku Ozersky "Colonel Sanders and the American Dream", pemilik pom bensin Matt Stewarts tidak suka dan mengecat semua tanda yang dibuat Sanders. Melihat hal tersebut, terjadilah adu tembak antara keduanya dan menyebabkan manajer distrik Shell Robert Gibson meninggal. Kejadian ini menjadi sejarang penting bagi restoran cepat saji tersebut.

Baca Juga: Terkuak! 5 Rahasia KFC yang Jarang Diketahui, Lada Putih Jadi Bumbu Penting
Sebelum Dimakan, Yuk Intip 5 Fakta Menarik Seputar Bubur Ayam

4. Berganti Nama

Pada awal-awal dibangun, KFC dahulunya memiliki kepanjangan Kentucky Fried Chicken. Namun, kini nama itu sudah tidak berlaku lagi. Dalam laporan Bloomberg, tahun 1991 terjadi perubahan nama yang menjadi bagian rebranding dalam upaya untuk membuat restoran ini tampak lebih sehat dengan menghapus kata 'Fried' atau 'Goreng'.

Namun, Snopes mengeklaim perubahan nama itu terjadi karena masalah merek dagang dengan negara bagian Kentucky.

5. Terciptanya Ember Ayam Khas KFC

Konon Dave Thomas, orang di belakang Wendy's, adalah karyawan awal dan pemilik waralaba KFC. Menurut The Balance Small Business, Thomas datang dengan ide membawa ember ayam bergaris merah dan putih yang ikonik.

Video Terkait