Tak Disangka! 2 Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bikin Sprei Selembut Sutera

Ilustrasi baking soda dan cuka (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 12 Juli 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Sprei adalah perlengkapan rumah tangga yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita beristirahat dan sprei berperan penting untuk menutupi kasur agar membuat badan menjadi tidur lebih nyaman.

Namun tahukah kamu, peranan sprei tidak sampai disitu saja, sebab sprei ternyata juga bisa melindungi kasur dari hewan kecil seperti kutu kasur atau tungau. Bahkan sprei yang bagus bisa menambah nilai estetik dalam kamar tidur.

Sayangnya, karena terlalu sering dicuci, membuat bahan sprei menjadi mudah kasar dan berbulu. Tapi jangan khawatir, mulai saat ini, ada cara ampuh yang bisa membuat sprei kamu bakal tetap halus selembut sutera.

Tidak perlu pakai pelembut pakaian lagi, sebab bahan itu tentu membuat kamu menjadi lebih boros. Kamu hanya membutuhkan 2 bahan dapur berikut ini. Penasaran bagaimana, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Melembutkan Sprei dengan 2 Bahan Dapur

Bahan yang dibutuhkan hanya 2 yaitu baking soda dan cuka. Caranya juga gampang banget, yaitu:

1. Cuci sprei kaku ke dalam mesin cuci.
2. Lalu masukkan 1 cangkir baking soda dan ½ cangkir cuka.
3. Setelah itu cuci selama satu siklus.
4. Hindari menggunakan detergen karena cenderung mengunci bahan kimia ke dalam sprei.
5. Untuk hasil lebih baik, Anda dapat mencoba menyalakan mesin cuci dengan air panas dan beralih ke air dingin saat memasuki siklus bilas.
6. Selain itu, Anda perlu menambahkan cuka selama siklus pembilasan untuk mencegah pembentukan karbon dioksida.

Setelah mencuci sprei selanjutnya kamu tentu akan mengeringkan sprei. Namun jangan salah, proses pengeringan juga bisa mempengaruhi kualitas dari sprei. Oleh karena itu kamu juga harus memperhatikan cara mengeringkan sprei agar tetap lembut

Baca Juga: Tak Disangka! 2 Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bikin Sprei Selembut Sutera
Tips Menyimpan Bumbu Giling agar Tahan Lama, Ibu-ibu Wajib Cek!

Cara Mengeringkan Sprei agar Tetap Lembut

Salah satu yang menyebabkan bahan sprei menjadi mudah kasar yaitu akibat proses pengeringan menggunakan mesin. Perlu diketahui bahwa mengeringkan sprei di mesin pengering terlebih dahulu dengan suhu panas, sangat tidak dianjurkan.

Cara mengeringkan terbaik sebaiknya yaitu dengan menjemur di ruang terbuka. Cara ini akan membuat seprai lebih lembut dan tetap bagus. Asalkan kamu tetap menjaga suhu pada pengaturan serendah mungkin dan tidak terlalu panas.

Demikian cara mencuci dan mengeringkan sprei agar selembut sutra.

Video Terkait