Masih Ada Sisa Daging Kurban? Yuk Coba Resep Berikut Ini

Ilustrasi daging sapi. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Selasa, 12 Juli 2022 | 17:35 WIB

Sariagri - Pada Minggu 10 Juli 2022, umat Islam merayakan Idul Adha dengan memotong sapi atau kambing sebagai hewan kurban. Masyarakat akan mendapatkan jatah daging sapi atau kambing yang sudah dikurbankan tersebut.

Biasanya, masyarakat yang mendapatkan daging kurban akan 'nyate' atau membuat tongseng. Nah, jika masih terdapat sisa daging sapi, tidak ada salahnya untuk mencoba resep Nasi Mangkok Daging Sapi ala Korea lho!

Melansir The Spruce Eats, nasi mangkok daging sapi ini merupakan resep sederhana dan cukup praktis karena tidak memakan banyak waktu. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun banyak tersedia di supermarket. Jadi tidak akan sulit untuk membuatnya.

Langkah membuatnya, pertama siapkan bahan-bahannya yaitu daging, 3 siung bawang putih, 2 bawang daun, 1/2 cangkir kaldu sapi, 1/4 cangkir kecap rendah sodium, 1/4 cangkir gula merah, 1,5 sendok makan cuka anggur beras (boleh dipakai, boleh tidak), tiga sendok teh gochujang, dua sendok teh parutan jahe segar, 1/2 sendoko teh lada hitam yang sudah digiling, tiga sendok makan air, 2,5 sendok makan tepung maizena dan dua sendok teh biji wijen.

Saat semua bahan sudah dikumpulkan, mari mulai memasaknya. Potonglah daging menjadi kubus kecil atau sesuai selera. Kemudian cincang bawang putih hingga halus dan iris-irislah bawang daun. Pisahan bagian batang dan daunnya.

Dalam panci pot instan, gabungkan bawang putih, irisan daun bawang yang bagian putih dan hijau, kaldu sapi, kecap, gula merah, gochujang, jahe dan lada hitam. Aduklah hingga menyatu.

Baca Juga: Masih Ada Sisa Daging Kurban? Yuk Coba Resep Berikut Ini
Viral! Makan Daging Kurban Mentah, Wanita Ini Kalim Lebih Enak Daripada Dimasak

Setelah itu, tambahan daging ke dalam campuran tersebut, lalu aduk hingga merata. Kemudian masaklah hingga matang. Campurkan air dan tepung maizena ke mangkuk kecil lalu aduk merata. Tambahkan campuran maizena ke dalam panci tersebut kemudian aduk hingga mengental.

Setelah daging matang, masukkan ke dalam mangkuk saji lalu taburi dengan bumbu wijen dan jangan lupa tambahkan nasi. Makanan pun siap untuk dinikmati.

Video Terkait