Beragam Manfaat Jahe Merah, Salah Satunya Atasi Rematik Lho!

Ilustrasi irisan jahe merah. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Senin, 11 Juli 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Jahe merah merupakan salah satu bumbu dapur yang marak dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Jahe merah dianggap lebih sehat ketimbang jahe biasa.

Melansir situs Provinsi Jogja, Jogja Benih, jahe merah mengandung energi, karbohidrat, serat, protein, sodium, zat besi, potasium dan vitamin C. Kandungan minyak atsiri yang tinggi pada jahe merah membuat rasanya lebih pedas dari umumnya. Biasanya jahe merah dimanfaatkan untuk jamu dan bahan dasar farmasi.

Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. 

1. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Manfaat jahe merah untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan karena kandungan flavonoid.

2. Kadar Kolesterol

Manfaat jahe merah juga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jahe merah dipercaya dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi.

3. Sakit Kepala

Jika sakit kepala, jahe merah merupakan salah satu obatnya. Manfaat jahe merah untuk sakit kepala karena kandungan kamfena di dalamnya. Cara memanfaatkannya dengan merebus jahe merah dan meminum air rebusan tersebut.

Baca Juga: Beragam Manfaat Jahe Merah, Salah Satunya Atasi Rematik Lho!
7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Lawan Flu hingga Obati Mual

4. Rematik

Kandungan flavonoid dalam jahe merah mampu mengatasi rematik akibat peradangan di persendian. Penderita rematik biasanya akan rutin mengonsumsi jahe merah untuk meredakan peradangan sendi tersebut.

5. Redakan Asma

Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah dapat melegakan saluran pernapasan. Kandungan tersebut biasanya akan menyembuhkan gangguan pernapasan seperti sesak napas atau asma.