Yuk Bikin 4 Olahan Terong , yang Bisa jadi Makanan Ringan

Ilustrasi olahan terong. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tanti Malasari - Jumat, 8 Juli 2022 | 19:55 WIB

Sariagri - Terong merupakan sayuran yang banyak diminati karena kandungan kalori, protein, karbohidrat, serat dan lemak yang dimilikinya.

Biasanya, terong diolah untuk menjadi makanan pendamping nasi. Terong akan diolah menjadi goreng tepung, tumisan bahkan balado.

Namun, menurut Pustaka Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, terong ternyata dapat diolah menjadi beragam makanan ringan. Jika bosan dengan olahan terong yang itu-itu saja, mungkin beberapa rekomendasi ini bisa menjadi solusinya:

1. Dodol terong

Dodol biasanya disajikan dalam beragam rasa seperti durian, stroberi dan lainnya. Nah, ternyata terong juga bisa diolah menjadi dodol. Bagaimana rasanya ya?

2. Manisan terong

Banyak sekali manfaat dan kelebihan yang terkandung dalam terong sehingga dengan mengolahnya menjadi manisan. Olahan terong yang satu ini bisa ditujukan untuk anak-anak supaya menyukai sayuran.

Untuk menghasilkan manisan terong yang bermutu tinggi, ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan bahan baku terong yang berkualitas serta pemberian konsentrat gula yang sesuai.

Baca Juga: Yuk Bikin 4 Olahan Terong , yang Bisa jadi Makanan Ringan
Mengenal Daun Talas yang Ternyata Banyak Manfaat Kesehatan Jika Dikonsumsi

3. Selai terong

Terong bahkan dapat diolah menjadi selai. Food & Drug Administration (FDA) mendefinisikan selai sebagai produk olahan buah-buahan, baik berupa buah segar, buah beku, buah kaleng maupun campuran ketiganya dalam proporsi tertentu terhadap gula (sukrosa) dengan atau tanpa penambahan air.

Untuk menghasilkan rasa yang nikmat, selai terong ini dapat diolah dengan tomat. Daya simpan makanan ini pun cukup lama.

4. Sari buah terong nanas

Terong dapat diolah dengan nanas menjadi sari buah. Penambahan terong kedalam sari buah nenas, selain meningkatkan kandungan gizinya, sari buah yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Video Terkait